Mengambil Jalan Tengah, Pendestrian Sudirman dan Ampera Skatepark

Sebagai salah satu olahraga ekstrim, jatuh atau cidera saat bermain skateboard sepertinya sudah biasa. Sakit sudah pasti, tapi lebih sakit lagi pas main skateboard dikejar-kejar sama Satpol PP lalu Skateboardnya diamankan. Sempat menyita perhatian publik beberapa waktu yang lalu sekelompok anak muda yang tengah bermain skateboard di Pendestrian Sudirman ditertibkan oleh satpol PP. Penertiban secara represif memang salah, tapi bermain olahraga ekstrim di Fasilitas Publik juga tidak bisa dibenarkan.

Sebetulnya harus di apresiasi bahwa Kota Palembang menjadi satu dari sedikit kota yang turut memperhatikan para pecinta skateboard, setidaknya dengan membangun Ampera Skate Park. Hanya saja membangun bukan sekedar membangun, memastikan bahwa fasilitas tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan adalah tugas bersama.

Setelah diresmikan dan sempat rame awal tahun 2018, Ampera Skate Park kini sudah mulai ditinggalkan. Ada dua catatan besar. Pertama, Ampera Skate Park secara spesifikasi tidak memenuhi standar keamanan bermain, berisiko tinggi dan berbahaya. Kedua, adanya pemalakan oleh oknum membuat para skater merasa tidak nyaman. Ini membuat para skater harus mencari tempat bermain yang baru, Pendestrian Sudirman.

Sebetulnya bermain Skateboard di Pendestrian Sudirman bukan tidak boleh, apalagi kalo bisa menjadi bagian show di pendestrian setiap malam minggu, tentu akan menjadi atraksi dan daya tarik wisata yang luar biasa, hanya saja butuh space dan medium khusus tempat bermain skateboard, bukan di trotoar jalan yang berisiko menggangu dan merusak fasilitas publik.

Lalu bagaimana mengajak para pemain skateboard mau kembali ke Ampera Skate Park? Ampera Skate Park harus direnovasi dan dipastikan melibatkan komunitas skateboard, agar apa yang dikerjakan outputnya sesuai kebutuhan user skateboard itu sendiri, setidaknya di standar keamanannya. Kedua, pemerintah kota melalui Satpol PP hendaknya bisa memberikan rasa aman dengan patroli di wilayah skatepark agar betul bisa steril dari oknum pemalak.

Perlu diingat, di salah satu cabang Skatebord di Sea Games 2019, Indonesia meraih emas, mudah-mudahan skatepark yang berkualitas dan terjangkau, bisa menelurkan bibit juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hai, ada yang perlu kita diskusikan lebih lanjut?
Powered by