Tahun Baru Tanpa Pembaharuan

Jika kita ingin tahu bahwa sebuah aplikasi berkembang atau tidak maka kita dapat melihat apakah aplikasi tersebut sering diupdate atau tidak. Update atau pembaharuan adalah keniscayaan. Setidaknya ada tiga hal kenapa update diperlukan. Pertama, menambal atau memperbaiki kelemahan fitur di rilis sebelumnya. kedua, kebutuhan user. Ketiga, perkembangan teknologi. Lalu selain aplikasi, apakah manusia juga perlu pembaharuan?

Sebuah adagium mengatakan “hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini”. Ini adalah sebuah isyarat yang mengajak kita semua untuk terus melakukan pembaharuan meningkatkan kualitas di setiap aspek kehidupan kita.

Sebetulnya momen pembaharuan bisa dilakukan sepanjang waktu, hanya saja tidak salah jika momen pergantian tahun baru dijadikan momentum untuk mengupdate banyak hal pada diri kita.
Jangan sampai kita terjebak pada euforia tradisi tahunan saja, semacam hanya pesta kembang api, meniup terompet, begadang sampai larut, lalu memulai hari di tahun baru dengan kekosongan tanpa ada pembaharuan yang kita lakukan.

Pembaharuan tidak selalu harus menciptakan sesuatu yang baru, memperbaiki dan meningkatkan yang sudah ada saja sudah termasuk pembaharuan. Pembaharuan tidak selalu hal yang muluk-muluk, yang sulit untuk dilaksanakan yang akhirnya hanya menjadi harapan yang tak pernah tersampaikan.
Kita bisa mulai dari hal-hal yang paling sederhana. Misal untuk alasan memperbaiki kelemahan atau kesalahan sebelumnya, yang dulu suka banget makan junk food sudah mulai harus menyelinginya dengan makanan sehat. Sampai suatu saat menjadi terbalik makanan sehatlah yang menjadi pokok lalu sesekali sebagai apresiasi diri, tidak salah juga diselingi dengan makanan kesukaan tadi.

Atau untuk kebutuhan user dan perkembangan karir yang lebih baik, kita bisa mengupdate skill atau keahlian teknis diri kita dengan belajar design, coding, belajar bahasa asing dan seterusnya.
Yok, diri kita tanggung jawab kita, jadi pribadi mandiri, selamat tahun baru dan buatlah perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hai, ada yang perlu kita diskusikan lebih lanjut?
Powered by